Istilah - Istilah Penting ADSL

11:24 AM by klulaku ·
Label:

ADSL (Asymmetric Digital Suscriber Line) - Adalah sebuah teknologi DSL yang menyalurkan data lebih cepat untuk downstream dari pada upstream. Kecepatan downstream maksimal adalah 8MBps sementara upstream tercepat adalah 640Kbps. Koneksi ADSL baik hingga jarak sekitar 5Km dari STO terdekat melalui kabel telephone tembaga.

Bandwidth - Lebarnya sebuah kanal komunikasi. diukur dalam bit per detik(digital bps) atau siklus per detik (analog Hertz). Angka mewakili kapasitas dalam menangani transmisi data secara simultan. Semakin besar angka bandwidth, semakin banyak informasi yang bisa disalurkan dalam satu hitungan waktu.

Broadband - ditujukan pada tansmisi signal dimana sebuah medium seperti tembaga atau kabel optic membawa beberapa kanal, biasanya membawa beberap frekwensi atau gelombang divisi multiplexing. Bandwidth ini memungkinkan integrasi suara, vidoe dan data dibawa dalam satu medium transmisi. DSL adalah salah satu skema transmisi broadband.

CPE (Customer Premises Equipment) - Peralatan networking seperti workstation, router, POTS splitter, dll. yang dipasang pada pelanggan dan dikoneksi ke peralatan networking jasa telekomunikasi.

Downstream - Merujuk pada data yang dikirim dari STO ke pelanggan. Dalam DSL adalah komunikasi dari network ke tempat pelanggan. Lawan dari Downstream adalah upstream yang berarti aliran data dari pelanggan ke STO/network.

DSLAM (Digital Subscriber Line Acces Multiplexer) - Sebuah peralatan network yang dipasang pada STO. Alat ini menerima signal dari pelanggan dan kemudian menyambung signal tersebut ke jaringan hubungan cepat tersambung (high speed backbone line).

Firewall - Kombinasi antara software dan hardware yang menfilter atau membatasi traffic dari koneksi umum. Firewall akan membatasi sebagian dari network pribadi untuk tidak bisa diakses oleh umum. Ia akan membatasi atau memproteksi akses yang tidak memiliki izin ataupun tidak dikenal.

Qos (Quality of Service) - Biasanya sebuah ISP akan menawarkan sebuah perjanjian service, yang mana berarti " Kami akan melakukan yang terbaik tapi bukan jaminan", sebaliknya QoS bukan berarti " kami menjamin Anda untuk mendapatkan x bandwidth"

VPN (Virtual Private Network) - Sebuah network yang dibangun dengan menggunakan sambungan umum untuk menghubungi pemakai (nodes). Sebagai contoh, beberapa komputer dimungkinkan tercipta sebuah networking dengan menggunakan internet sebagai medium transportasi data. Komputer ini akan menggunakan enkripsi dan mekanisme keamanan lain untuk menjamin bahwa hanya orang yang diberi autorisasi yang bisa akses ke dalam network tersebut dan juga menjamin data tidak disusupi oleh pihak lain.

SMTP Server - Merupakan media transmisi untuk pengiriman sebuah email. Menggunakan port 25, dan biasanya terpasang firewall untuk memfilter data yang lewat seperti Spamming, virus, spyware, phising, sniffing dan lain-lain.

POP3 Server - Media penyimpanan Email dan jalur penerimaan Mail Client dengan port 110 seperti Outlook dan lain sebagainya.

Artikel Terkait



0 komentar:

Post a Comment

Sponsor

Raih Kesuksesan Bersama Kami

Daftar Isi

Widget By: [Dunia-Blogger]

Artikel Terbaru

Buku Tamu


ShoutMix chat widget